PERNAH PAKAI KRIM ABAL – ABAL DAN GAJEBO?? IYA PERNAH



Kalau ditanya pernah pakai krim abal – abal dan gaje? Iya pernah banget, dan aku menyesal banget. Maraknya beredar krim – krim kecantikan yang menjanjikan kulit wajah putih bersih, mulus, bersinar, bening bak porselin, bahkan semua itu bisa diraih dalam jangka waktu yang sangat singkat. Bukan cuma sekarang maraknya lho, ternyata dari jaman dulu udah banyak banget krim – krim kaya gitu. 

Kenapa sich disebut krim abal – abal dan gajebo? Setahuku sih karena krim – krim tersebut gak jelas siapa produsennya, gak jelas pula apa kandungan didalamnya, apalagi kebanyakan mengandung bahan berbahaya seperti Mercury. Bilangnya krim ini diracik oleh dokter, dokter yang mana? Gak mungkin kan dokter meracik obat kalau tidak pernah memeriksa keadaan kulit si pasien. Beda keluhan, beda jenis kulit, beda penyakit pasti beda juga obatnya. Awal awal kulit wajah jadi bagus banget tapi lama kelamaan jadi gosong, breakout, jerawatan, parah deh. Yang paling serem kalau dipakai dalam jangka waktu lama menyebabkan kanker kulit dan gangguan kesehatan lainnya. 

Jadi sebenarnya yang salah siapa ya? Apakah karena impian wanita yang terlalu ketinggian mengharapkan wajahnya menjadi putih bak artis – artis Korea? Padahal aslinya terlahir memiliki kulit yang hitam manis. Atau salah penafsiran bahwa cantik itu harus putih, padahal banyak juga lho yang tidak memiliki kulit putih tapi tetep terlihat cantik dan manis. Mereka cantik karena inner beauty yang terpancar dari dalam, dari cara berbicara, attitudenya, kecerdasannya. Yang harusnya disalahkan adalah produsen krim – krim kecantikan tersebut atau mungkin sellernya juga yang tahu kalau krim – krim tersebut berbahaya. Mereka tahu kalau itu mengandung zat-zat berbahaya namun masih saja dijual. Kenapa? Apa hanya karena demi keuntungan? Heem. 

Pengalamanku menggunakan krim abal – abal, gajebo, dan aku yakin berbahaya dimulai pada pertengahan tahun 2007. Waktu itu aku ikut lomba kompetensi siswa tingkat Nasional. Acaranya memang di Bandung, tapi kita tetep nginep di hotel selama beberapa hari. Aku sekamar dengan temanku yang juga satu sekolah namun beda jurusan. Wajahnya cantik banget, putih, bersih, mulus banget. 

Malam hari, dia mengeluarkan krim malam dari dalam tasnya, dipakaikanlah ke wajahnya. Dia nawarin aku nyobain krim malam itu. Aku bertanya, krim ini buat apa sih? Dia bilang biar wajah cerah, putih, gak kering. Ya wis aku cobain. Pot krimnya berwarna merah marun. Dari warna, tektur sampai wanginya seperti saripohatji bedak dingin yang diberi air. Iya kurang lebih seperti itu, putihnya kaya gitu deh. 

Keesokan harinya, aku melihat wajahku jadi lebih lembab dan bersih, enakeun deh. Tertarik deh aku, sampai aku pengen nitip beliin, karena katanya beli krim malam ini di apotik deket rumahnya, tepatnya di deket rumah sakit terkenal di Bandung. Jadi ini tuh krim racikan apotik, harganya juga terbilang murah 25 ribu aja.

Setelah beberapa hari, temenkupun mengantarkan pesanan krim malam aku. Aku dah gak sabar pengen pakai krim malam ini dan berharap wajahku bisa semulus wajah temenku. Seminggu pertama aku pakai, kok mukaku jadi jerawatan ya. Tapi aku tetep pakai kok, mungkin ini proses untuk menjadi putih hahahah.

Setelah satu minggu jreng jreng, perubahan itu bener – bener terjadi. Aku sih ga menyadarinya, cuma waktu ketemu pacarku dia bilang wajahku jadi cantik banget, putih, bersih, halus kelihatannya. Pas aku ngaca dan pegang – pegang wajah. Oh iya beneran deh bagus banget. Aku pakai krim malam itu sampai habis, selanjutnya karena aku sudah gak ketemu lagi sama temenku itu karena kita sudah lulus sekolah jadinya aku gak bisa nitip lagi krim malam itu.
 
Lepas pakai krim malam racikan apotik itu, kulitku aku rasa baik – baik aja gak sampai breakout. 

Setelah itu beberapa bulan kemudian aku ketemuan sama sahabat – sahabatku. Ada salah seorang sahabat yang dia itu bener – bener care sama kulit wajahnya dan penampilannya diantara yang lain paling modislah. Aku lihat wajahnya bagus banget, mulus banget. Aku nanya donk, pakai kosmetik apaan sih bisa bagus begitu, padahal dulu kulitku lebih putih dari dia lho. Dia bilang pakai krim racikan yang artis – artis pakai, Ariel juga pakai katanya. Dia juga gak tahu belinya dimana yang jelas katanya di dokter kulit tapi nitip ke temennya. Harganya 1 pot krim malam 60 ribu. Setelah berfikir berhari – hari ingin deh order krim malam itu. Singkat cerita akupun pakai krim malam itu tapi bolong – bolong gak rutin. Wajahnya bagus, kalau siang hari kulit jadi glowing beda sama krim malam yang aku beli sebelumnya kulit jadi lebih matte tapi bersih banget. Setelah habis ya udah aku gak order lagi karena akupun udah jarang ketemu sahabatku itu.

Akupun sempet gonta – ganti krim otc sampai kulit wajahku kembali jerawatan yang cukup parah, kulit kusyam, dekil pada tahun 2010 awal.

Akupun mulai frustasi banget sama wajahku, dulu perasaan gak gini – gini amat. Si amat juga gak gini – gini. Dan mulai berfikir buat kembali menggunakan krim wajah racikan. Difikiranku terlintas krim malam yang aku pakai pertama kali. Akupun mencari – cari apotik deket rumah sakit ternama di Bandung dimana temenku yang dulu beli krim malam. Ketemulah salah satu apotik yang aku yakini disini dia beli krim malam itu. 

Tanpa ragu aku bertanya, ada krim malam racikan bu? Dia bilang ada. Harganya berapa? 60 ribu. Hah bukannya dulu 25 ribu. Oh yang dulu udah gak buat karena bahaya mengandung mercury. Kalau yang sekarang gak ada mercurynya, aman. Waduh langsung shok aku. Ya udah aku pesen krim malamnya saja. Akupun menunggu sekitar 30 menitan karena krim malamnya ngedadak diracik. Pesan ibu yang punya apotik kalau pemakaian pertama kulit aga panas, langsung cuci aja wajahnya besoknya baru pakai lagi. 

Dan beneran lho pemakaian pertama wajahnya panas banget kaya kebakar. Tapi besoknya kulitnya biasa aja. Kalau malam hari pakai krim malam ini, besoknya kulit wajah jadi putih bersih. Sehari aja gak pakai langsung gosong. Parahnya siang hari kulit wajah merah – merah kaya kepiting rebus, jerawat bermunculan, kulit jadi super kering dan ngelupas. Aku fikir mungkin karena siang hari aku masih pakai produk lain yaitu p*nds jadi sepertinya harus pakai krim siang racikan apotik juga. Bodoh banget ya aku dulu.

Okelah akupun akhirnya pesan sepaket Krim siang dan malam hari. Lho kok wajahku jadi tambah aneh, jadi kusyam banget, lebih perih, sensitif banget, lebih tambah seperti kepiting rebus, parah banget, jerawat juga tambah parah. Dari situlah aku mulai sadar bahwa krim – krim yang aku pakai itu tidak aman. Mulai sadarnya setelah 4 bulan pemakaian, kemana aja selama ini hellow.

Akupun kembali memakai krim otc seperti p*nds. Untuk mengembalikan kulit ke kondisi semula memang susah banget, nyesel banget nyobain krim racikan itu, bego banget aduw. Aku coba netralin tiap malam hari menggunakan masker pisang ambon, Alhamdulillah selama kurang lebih 1 bulanan kulit jadi kembali normal walaupun gak seputih dulu. 

Godaanpun kembali datang dari teman – temanku yang saat itu pada pakai krim wajah abal – abal. Sepaket sabun, krim malam, krim siang harganya 200 ribu. Akupun sempet ditawari oleh mereka. Cuma saat itu imanku kuat, aku gak mau masuk perangkap lagi dunia hitam. Apalagi reaksi krim – krim yang mereka pakai seminggu pertama kulit kusyam dan menggelap, minggu kedua kulit mereka merah – merah seperti kepiting rebus, minggu ketiga mengelupas dan agak cerahan, barulah di minggu keempat kulit mereka putih bersih, cerah abis. Kepengen sih putih gitu tapi aku fikir lagi gak deh aku udah kapok dengan krim berbahaya yang pernah aku pakai sebelumnya. Biarlah kulitku gak seputih dan gak sekinclong kulit wajah mereka yang penting kulitku sehat. Dan beneran lho aku bersyukur banget gak nyobain krim wajah mereka. Karena setelah mereka berhenti kulit wajah mereka jadi lebih gelap dari warna kulit asli mereka bahkan ada yang timbul jerawat besar – besar gitu. Tapi ada juga sih yang gak kapok pakai lagi pakai lagi. 

Dari pengalaman inilah aku mulai berhati – hati dengan krim – krim pemutih wajah. Lebih baik kulit kita gak putih, gak kinclong daripada kulit wajah putih tetapi kesehatan kita terancam. Dan aku berusaha mengingatkan orang – orang disekitar aku untuk stop dan tidak pernah menggunakan krim – krim wajah abal – abal, gajebo dan berbahaya, mencoba sharing dengan mereka apa bahayanya bila digunakan dalam jangka waktu panjang. Lebih baik pakai yang alami – alami saja seperti masker pisang ambon, tomat, bengkuang dan skincare atau kosmetikpun lebih baik yang sudah jelas ada BPOMnya, halal MUI dan jelas produsennya.

Comments

  1. Replies
    1. hy mba dina. Menurutku Gladieskin itu krim-krim pemutih gitu yah. Kalau aku cek di web BPOM sih data tidak ditemukan begitu aku search Gladieskin. Tapi entahlah kalau dia sudah BPOM atau belum, mungkin saja daftar dengan nama lain. Tapi sejauh yg aku tahu produk ini tuh racikan, produk yg bisa memutihkan apalagi bukan putih alami itu rata2 bahan kimianya tinggi walaupun dia claimnya no merkury. Sebaiknya sih cari produk yg lebih aman lainnya mba Dina, sayang banget kulitnya kalau pilih produk yg menjanjikan putih instan tapi lama kelamaan malah merusak kulit & bikin ketergantungan. Tapi kalau yakin sama Gladieskin, coba minta ingredients lengkapnya mba say dan cek detail ingredientsnya. Makasih sudah mampir.

      Delete
  2. Kak mau tanya. Gimana sih cara buat masker pisang Ambon? Soalnya aku pernah pakai krim abal-abal dan aku ngerasa warna kuliat wajah aku aneh beda

    ReplyDelete
  3. Aku juga mantan cream gajebo Alhamdulillah sekarang julit membaik pke smincare yg dijual dialfa/guardian aja dee

    ReplyDelete

Post a Comment