Liburan Ke Taman Bunga Nusantara Cipanas Part 2

Topiari Merak Taman Bunga Nusantara Cipanas

Assalamu'alaykum Travellovers,

Rasanya gak puas saat liburan ke Taman Bunga Nusantara Cipanas bulan Desember tahun lalu, ceritanya baca disini  hingga akupun berencana pengen liburan kesana lagi. Gak puas karena waktu Desember kesana tuh kesorean datangnya, cuacanya full hujan juga saat berada disana. Apalagi gak persiapan bawa payung dan sebagainya, cuma bawa jaket yang dipakai aja. Jadinya dulu pas kesana gak leluasa main-main di Taman Bunga Nusantara Cipanas. Padahal masih banyak keindahan taman yang belum sempat tereksplore. Taman Bunga Nusantara Cipanas emang sangat sangat luas, saking luasnya sepertinya perlu waktu berjam-jam buat bisa mengelilingi semua tamannya. Dan siap-siap aja kaki jadi pegel setelah jalan-jalan keliling taman hahaha. Makanya bagi yang pengen keliling taman dan males jalan bisa naik wara wiri, dotto train dan mobil unik lainnya.

Rencana liburan kedua ke Taman Bunga Nusantara-pun sukses terealisasi waktu akhir Agustus kemarin setelah selama beberapa bulan kepending gara-gara lokasinya yang berada di luar Bandung. Itupun sebenernya gak berencana kesana, mendadak aja ada undangan dari saudara sepupu yang mau tunangan di Cipanas. Berhubung acara tunangannya malam hari dan sayang aja kalau siang harinya disia-siakan begitu saja. Akhirnya aku dan suamipun jalan-jalan lagi deh ke Taman Bunga Nusantara Cipanas. Yuhuu, seneng banget akhirnya kesampean juga bisa dateng kesana lagi.

Display Bunga

Berbanding terbalik sewaktu liburan Desember lalu yang cuacanya full hujan, pas kemarin Agustus kesana malahan panasnya poll-pollan, MasyaAllah. Apalagi kami nyampe kesana sekitar jam 2 siang, disaat matahari lagi terik-teriknya. Untungnya kali ini kami membawa payung buat jaga-jaga takut hujan, jadinya selama kami berjalan-jalan di Taman Bunga kami gunakan payung tersebut buat melindungi kulit dari matahari. Sebenernya sih kalau lagi liburan aku gak pernah takut panas-panasan, gak pernah takut juga kulit bakal terbakar dan belang, yang penting selama liburan bisa happy dan lupakan semuanya yang berhubungan dengan kulit hahaha. Tapi yang jadi masalah adalah kalau habis panas-panasan kepala tuh pusing dan berat banget, makanya kita pakai payung selama disana hahaha.

Oiya tiket masuknya ternyata sudah naik lho pemirsa. Waktu kemarin kesana tiket masuknya sudah Rp. 40.000,- / orang ditambah parkir Rp. 10.000,- itupun belum termasuk tiket naik wara wiri, dotto train dll. Tapi okelah harganya masih sangat terjangkau, terbayar banget sama keindahan taman yang ada disana.




Pas begitu masuk ke Taman Bunga, takjub banget saat melihat bunga-bunganya sudah berubah. Kalau dulu lebih dominan dihiasi bunga-bunga merah dan kuning. Nah pas kemarin kesana bunga-bunganya dominan berwarna putih, pink, peach dan ungu. Iih pokonya cantik banget, super laff. Emang sih salah satu daya tarik Taman Bunga Nusantara itu adalah tiap beberapa bulan sekali bunga-bunganya selalu diganti jadinya pasti kalau suatu saat kesana lagi bunga-bunganya bakalan beda lagi deh hahaha.


Oiya kalau letak taman-tamannya sih rasanya gak ada yang berubah hanya display bunga-bunganya saja yang berubah jadi lebih bagus dan indah. Sepanjang penglihatan hanya keindahan hakiki aja yang ada disana. MasyaAllah, keren banget Indonesia bisa punya taman sebagus ini.


Waktu Desember tahun lalu kesana, ada beberapa taman yang gak aku kunjungi waktu itu berhubung tamannya super luas, sayangnya hujan pula dan udah mau tutup. Akhirnya pas Agustus kesana kamipun berfokus mengeksplore taman-taman yang belum sempet kami lihat dan taman-taman yang dulu udah pernah kami explore hanya kami singgahi sebentar aja.

Bunga mawar Merah ❤


Tujuan pertama kami adalah menuju ke Taman Bunga Mawar, letaknya berada persis di depan Taman Perancis. Disana tumbuh bermacam-macam bunga mawar yang beraneka warna dari mulai mawar merah, mawar putih, mawar kuning, mawar apa lagi ya lupa. Keren banget, bunga mawarnya cantik-cantik apalagi aku emang dari dulu suka banget bunga mawar. Rasanya pengen bawa pulang semua mawar yang ada di sana deh trus dipindahin ke taman depan rumah hahaha.




Setelah puas bermain-main di taman bunga mawar, tujuan kami selanjutnya adalah menuju ke Taman Bali. Sebuah taman yang begitu fenomenal bernuansa Bali banget karena adanya gapura khas Bali dan tanaman-tanaman khas Bali juga. Sebenernya dulu pernah ke taman ini, tapi sayangnya Taman Bali begitu ramai pengunjung dan laku banget jadi spot foto-foto, jadinya dulu cuma foto sebentar trus pergi deh dan gak sempat masuk dan melihat keindahaan yang ada di balik gapura Taman Bali.

Gapura Bali

Gapura Bali

Kepanasan di taman Bali

Berasa pengen mandi


Nah kemarin kesana kami cukup puas dan lumayan lama berada di sekitar Taman Bali. Kamipun merasakan suasana yang Bali banget pas berada di Taman Bali tersebut. Suasananya berasa Bali banget padahal belum pernah ke Bali sih hahaha, selain adanya Gapura dan tembok-tembok bata bergaya Bali, pohon-pohon dan tanaman lainnya pun memang khas pulau Dewata. Apalagi terdapat mini waterfall, saung-saung gazebo dan jembatan khas Bali menambah citarasa Bali banget dan rasanya seperti memang berada di Bali bukan di Cipanas hahaha. Yang mau merasakan Balinya Jabar wajib dateng deh ke Taman Bunga Nusantara Cipanas.


Dahlia Corner

Saung Dahlia nampak begitu indah

Dahlia Corner

Setelah cukup lama berada di Taman Bali bahkan sepertinya yang paling lama dikunjungi habisnya adem dan sejuk tempatnya, kamipun menuju ke Dahlia Corner. Dahlia Corner itu kalau menurut aku adalah sebuah tempat pembudidayaan bunga Dahlia, disana tumbuh bermacam-macam bunga Dahlia yang cantik-cantik dan warnanyapun cerah-cerah. Trus disana terdapat pula sebuah bangunan berwarna dominan putih atau lebih tepatnya sebuah cafe bergaya Eropa klasik.

Bunga kuning di Taman Belanda

Taman Belanda

Kepanasan di Taman Belanda

Selanjutnya gak jauh dari Dahlia Corner kamipun menuju ke Taman Belanda, sebuah taman mungil yang menjadi replika taman negeri kincir angin. Nah kalau di Taman Belanda ini tuh berasa dapat inspirasi banget bagaimana menciptakan sebuah taman mungil dengan lahan yang tidak terlalu luas namun terkesan cantik dan indah. Ide banget buat yang mau bikin taman mungil dirumah hehehe.

Terus awalnya kami mau ke Air Terjun Musikal tapi sayangnya pas mau kesana musiknya berhenti dan air terjunpun berhenti menari-nari. Sayang banget padahal bagus banget air terjunnya.

Taman Mediterania

Duduk santai di Taman Mediterania

Kamipun rasanya sudah sangat lelah berkeliling Taman Bunga Nusantara apalagi sudah sorepun cuacanya masih terik banget. Tapi masih ada taman lain yang bikin aku penasaran banget buat didatengin yaitu Taman Mediterania. Yang membuat aku penasaran sama Taman satu ini pas lihat foto di IG-nya sepupuku, tamannya lucu, unik dan bergaya-gaya tropis. Makanya walaupun sudah sangat lelah, dengan semangat yang masih tersisa kamipun mencari-cari Taman Mediterania. Ternyata oh ternyata Taman Mediterania itu letaknya berdekatan dengan Taman Bali hahaha. Tamannya kecil banget, disana terdapat sebuah bangunan tua klasik atau seperti rumah kosong biasa aja. Di sekitar taman terdapat bebatuan dan tanaman serta pohon-pohon tropis seperti kaktus dll. Di dalam rumah tersebut juga terdapat kursi besi kayu yang terlihat usang. Sekilas emang sepertinya biasa aja, tapi kalau dilihat dari sudut pandang yang berbeda taman ini sangat unik, menarik, lucu dan instagrammable.

Taman Jepang yang sejuk

Taman Jepang

Danaunya bikin adem banget

Taman terakhir yang kami kunjungi adalah Taman Jepang. Taman favoritku banget soalnya seolah dibikin khusus terpisah dari taman-taman lain. Disana terdapat pintu kayu khas negeri Sakura. Di dalam taman juga terdapat rumah kayu khas Jepang, kursi-kursi kayu sederhana, pohon bonsai dan pohon serta tanaman lain khas negeri Sakura apalagi dengan adanya sebuah danau kecil yang berada tepat di tengah taman semakin menegaskan suasana yang Jepang banget. Rasanya adem, sejuk, tenang banget berada di taman ini. Aku seperti menjadi Oshin deh hahaha. Sayangnya disana gak ada bunga Sakura, coba kalau ada wuah udah deh bakalan lupa kalau sebenernya itu bukan Jepang tapi Indonesia hahaha.

Sebenernya ada satu taman lagi yang pengen aku kunjungi yaitu Rumah Kaca tapi sayangnya sudah sore banget dan aku udah diteleponin terus sama kakak sepupu buat pulang takut acara tunangannya udah keburu mulai. Trus aku juga baru inget kalau kami belum makan siang saking asyiknya berkeliling taman yang indah hahaha. Ya sudah akhirnya sekitar jam setengah 5 sore kami pulang gak lupa kami sempetkan ngebaso dulu di sekitaran pasar tradisional dekat taman Bunga Nusantara.

Liburan ke Taman Bunga Nusantara Cipanas merupakan pengalaman berlibur yang luar biasa berkesan buat kami. Walaupun sudah 2 kali kesana tapi tetap ada kesan yang berbeda dan begitu membekas dihati kami. Sepertinya jika ada kesempatan untuk berlibur ketiga kali atau kesekian kalinya jelaslah kami gakkan nolak.

Dengan berlibur ke Taman Bunga Nusantara Cipanas, rasanya aku semakin bangga sama Indonesia dan bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia. Indonesia itu keren banget, tempat wisatanya keren, makanannya keren, budayanya keren, segalanya kereeenn.

 
Thank You





Comments