Wana Wisata Kampoeng Ciherang ; Surga Yang Tersembunyi Di Tanjung Sari

Wana Wisata Kampoeng Ciherang

Assalamu'alaykum Travellovers,

Kali ini aku mau sombong dikit nih hehehe, semenjak aku posting foto liburanku di Kampoeng Ciherang jadi banyak banget yang tanya sama aku tentang tempat wisata yang terbilang baru ini. Banyak yang nanya, dimana sih Kampoeng Ciherang itu ?, dari pasar Tanjung Sari arahnya kemana sih ?, Kampoeng Ciherang bagus ya ?, Ada apa aja?, Ternyata ada ya tempat wisata bagus di Tanjung Sari ? Kamu tahu darimana sih Rin tempat sebagus ini? hehehe yah kurang lebih pertanyaannya gak jauh-jauh dari situlah yah.

Rupanya banyak banget ya yang penasaran dan tertarik sama tempat wisata satu ini. Memang sih tempat wisata ini masih belum banyak yang tahu, belum sehits dan sebooming tempat wisata lain seperti The Lodge Maribaya atau Barusen Hill. Tapi aku yakin sebentar lagi tempat wisata satu ini bakal jadi destinasi wisata favorit buat liburan. Karena Kampoeng Ciherang tuh tempatnya adem, nyaman banget, bikin betah, bisa main air di sungai pula, fasilitasnya juga terbilang lengkap.

Oke, untuk menjawab rasa penasaran kalian semua ahaha, aku bakalan ceritain pengalamanku berwisata di Wana Wisata Kampoeng Ciherang diblogku ini yah hehehe.

Awalnya aku ketemu foto tempat wisata Kampoeng Ciherang ini dari Instagram, trus aku search dimana nih lokasi Kampoeng Ciherang ini. Ternyata lokasinya di Tanjung Sari, jadi inget aku punya teman yang rumahnya di daerah Jatinangor, pastinya tahu mungkin sama tempat wisata satu ini. Dan secara kebetulan pas ketemu sama temenku ini dia bercerita kalau minggu lalu dia sama keluarganya main ke Kampoeng Ciherang. Wah kebetulan banget aku pan lagi kepo nih dan lagi cari informasi tentang tempat wisata ini. Setelah mendapatkan petunjuk dari temenku tersebut trus cari info di mbah Google tentang tempat wisata ini, aku dan suamipun ngedadak bikin rencana ntar Senin pas long weekend kesana yuk.

Dan hari Seninpun tibalah waktunya, waktu yang ditunggu-tunggu oleh kami karena udah gak sabar pengen main ke Kampoeng Ciherang. Kami berangkat dari Ujung Berung jam 9 pagi dengan kondisi masih setengah ngantuk karena tadi pagi abis begadang lihat Motogp hehehe. Perjalanan kami arahkan menuju ke kota Sumedang, udah pada tahu kan ya, kalau dari arah Cileunyi itu ambil yang lurus bukan kekanan ke arah Rancaekek. Nah setelah memasuki gapura yang bertuliskan Selamat Datang dikota Sumedang, arahkan saja kendaraan menuju ke alun-alun Tanjung Sari. Setelah melewati alun-alun Tanjung Sari, pelankan laju kendaraan anda karena Kampoeng Ciherang sudah mulai dekat ahahah. Dari alun-alun Tanjung Sari, gak terlalu jauh mungkin sekitar 200 meteran kali yah lanjutkan perjalanan sampe mentok di pangkalan ojeg sebelum Alfa mart. Nah di jalan sebelah kiri kalian bakalan ketemu plang besar SMPN 3 Tanjung Sari, masuk saja ke jalan tersebut. Nama jalannya Cijambu, lurus terus ikutin jalan. Tapi kalian jangan kaget yah, sepanjang perjalanan gak ada satupun plang atau petunjuk yang menunjukan arah menuju Wana Wisata Kampoeng Ciherang ini hehehe. Kalau kalian gak yakin sih bolehlah bertanya, tapi coba tanyanya ke tukang ojeg atau tukang parkir aja pasti mereka tahu, gak usah nanya ke ibu-ibu yang lagi jemur baju yah karena pasti jawabannya aduh saya mah gak tahu, baru jadi orang sininya ahahaha (pengalaman). 

Nah begitu masuk ke Cijambu pasti kalian bingung karena akupun bingung, dimanakah tempat wisatanya itu berada ?. Jangan senang dulu yah karena Kampoeng Ciherangnya masih sangat jauh, mungkin butuh perjalanan sekitar 10 km lagi buat menuju ke tempat wisata ini. Tapi yang jadi bingung tuh kok kaya gak ada tempat wisata yah, sepanjang perjalanan jarang banget ada kendaraan gitu hehehe. Dengan modal nekad dan keberanian kita terus aja lanjutkan perjalanan menyusuri Cijambu ini, melewati desa Pasigaran, perkampungan penduduk dan view pesawahan serta perbukitan yang sangat indah banget. Aslinya lho gak nyesel traveling kesini, viewnya sepanjang perjalanan indah banget, ijo seger gitu, bukit sama pesawahannya juga cantik banget MasyaAllah. Yang mau lihat videonya langsung mampir aja yah ke Igku hehehe sekalian follow wkwkw.

view pesawahan di desa Cijambu

view pesawahan dan perbukitan yang indah di desa Cijambu

view sepanjang perjalanan menuju Wana Wisata Kampoeng Ciherang

Tapi mantemen kondisi jalannya itu gak mulus lho, cukup jelek jalanannya, tapi tenang bisa masuk mobil kok sampe menuju lokasi wisata. Ada sih jalanan yang bagusnya tapi sedikit banget, jadi harus berhati-hati ngendarain kendaraannya yah teman. Trus kondisi jalannya rasanya sih gak ada tanjakan tajam gitu yah, mungkin menanjak tapi karena rasanya berputar mengelilingi perbukitan jadinya gak begitu berasa hehehe.

Jangan disangka kita bakal langsung hapal sama tempat wisata ini yah, karena setelah melewati perjalanan yang sangat panjang dan seolah tak bertemu ujungnya kitapun sempet putus asa dan menyerah. Apalagi lihat ke depan rasanya gak ada kendaraan yang menuju ke tempat wisata ini, kitapun sempet berfikiran aduh jangan-jangan nyasar ahahah. Nah begitu masuk ke perkampungan penduduk setelah perbukitan kita ketemu sama 2 orang anak kecil dan bertanyalah sama mereka dimanakah Kampoeng Ciherang ini berada. Ternyata katanya tinggal dikit lagi, jalan lurus ke depan dan ntr ada petunjuk ke arah Kampoeng Ciherang, belok kanan sekitar 1 km lagi ahahaha.

Petunjuk arahnya baru nemu disini tinggal 1 km lagi ahahah

Setelah belok kananpun jalanan masih cukup jelek hmm. Hingga akhirnya kamipun tertawa lepas dan bisa bernafas lega begitu lihat di bawah banyak kendaraan bermotor yang parkir, itu artinya sudah sampai ahahah. Dikira cuma kita aja yang berwisata ke tempat ini, orang lain mah sudah dari tadi pagi kali hehehe. Senengnya akhirnya bisa sampe juga ke Kampoeng Ciherang. 

Tempat parkirnya luas banget mantemen, jadi bagi kalian yang mau bawa rombongan se RT se RW se Kecamatan se Kelurahan pasti muat buat parkir disini. Oiya tiket masuk ke tempat wisata Kampoeng Ciherang ini murah banget lho, cukup bayar 10 ribu doank kita bisa puas main-main di alam. Malahan katanya dulu mah gratis buat masuk ke tempat wisata ini, sekarang bayar karena udah mulai rame dan dikelola dengan baik.

Akhirnya tiba juga di Kampoeng Ciherang
Tiket masuk

Wana Wisata Kampoeng Ciherang tuh berada di Desa Cijambu, Tanjung Sari, Kabupaten Sumedang. Tempat ini sebenernya sudah terkenal dari dulu oleh warga sekitar. Tempat yang suka dijadikan tempat camping dan berwisata alam bagi anak-anak sekolahan. Tapi katanya karena desakan warga Cijambu dan Pemerintah setempat yang melihat banyaknya keindahan-keindahan alam di Kampoeng Ciherang ini sehingga sekarang dikelola dengan baik dan jadi tempat wisata.

Jembatan gantung di Kampoeng Ciherang
bisa mini cross disini
tanamannya bagus ya
area mini cross
area arung jeram
jembatan goyang & kolam renang anak
kolam renang anak
lucunya yah hehehe
pada betah ada disini

Fasilitas outbonds disinipun lengkap lho, dimulai dari Flying Foxs, jembatan gantung, jaring laba-laba, mini cross, arung jeram, bisa renang juga di kolam-kolam ataupun sungai alami yang ada disini. Buat kalian yang mau camping juga cocok banget, cuz buruan kesini hehehe.

Air terjunnya yang menawan
Air terjunnya cantik, akunya juga kan ahahaha
indahnya
Seger pisan
Santai dulu lah yah
dan aku jatuh cinta lagi pada pandangan pertama 

Pertama yang bikin aku takjub tuh pas lihat air terjunnya itu lho, indah banget apalagi disekelilingnya ada bebatuan dan tanaman-tanaman hmm indahnya. Trus view sekeliling hutan pohon pinus yang tak kalah cantiknya, MasyaAllah, gak kalah keren dari hutan pinus di Grafika Cikole hehehe. Di hutan pinusnya juga kalian bisa bersantai di hammock, kalau yang gak bawa hammock sendiri tinggal sewa aja 25 ribu aja.

view hutan pinus
berdiri di atas batu
si akang fotografernya ngintip dari balik pohon wkwkw
bebas lepas
hutan pinusnya seger

Kampoeng Ciherang tuh luas banget banget lho. Perjalanan kita gak cukup sampe disitu aja, kita masih terus berjalan menyusuri keindahan yang ada di Kampoeng Ciherang. Ternyata semakin kita memasuki ke dalam Kampoeng Ciherang ini banyak keindahan-keindahan alam menarik lainnya.

Sungainya seger, bening, jernih

pengen nyebur wkwkwk

Airnya seger pisan

Apa coba? ya itu sungainya yang sangat jernih, bening, seger, bikin pengen nyebur aja apalagi siang-siang bolong kesananya wkwkwk. Ditambah arusnya yang gak terlalu deras, trus kedalamannya yang cukup dangkal, paling dalem mungkin sekitar selutut anak kecil aja kali. Karena itulah banyak orang yang nyebur ke sungai termasuk anak-anak kecil juga karena sungainya cukup aman buat dipakai nyebur. Kamipun sebenernya pengen banget nyebur dan mandi di sungai yang jernih ini tapi sayangnya karena gak bawa baju ganti akhirnya cuma main airnya sekaki aja ahahaha.

Cie yang santai di sungai

Expresi seneng tapi takut jatoh ke sungai

Cie yang duduk di atas pohon melawan ketakutan wkwkw

Ayo nyebur bi say

wkwkwk bikin ngakak gayanya kaya tarzan auwo hehehe

Cie seneng banget ya bi

cie maen aer hehehe

gayanya kagak nahan wkwkw

bebas lepas

Tapi yah walau cuman maen air sekaki juga udah sangat puas banget apalagi airnya seger pisan hmm. Berasa banget bahagia ada disana, gak kefikiran cicilan hutang, gak kefikiran kerjaan, yang ada cuma happy bisa main-main di alam berasa jadi anak kecil lagi wkwkwkw.

Setelah puas bermain-main di sungai berhubung sudah masuk waktu Dzuhur, kamipun sholat dulu donk yah. Disana musholanya cukup besar dan nyaman, lokasi musholanya juga deket dengan pintu keluar masuk. Trus kalian jangan sampe ketakutan disana susah dapat makanan, soalnya banyak warung-warung sama pedagang makanan disana.

suasananya indah, adem, bikin betah & ngangenin banget

Jujur aja suasana di Kampoeng Ciherang tuh beneran bikin betah banget, bikin gak mau pulang, adem, damai, tenang dan puas bangetlah bisa berwisata ke Kampoeng Ciherang. Kampoeng Ciherang ibaratnya adalah Surga yang tersembunyi di Tanjung Sari.

Nah lho daripada terus penasaran mending buruan datang kesana langsung, dijamin bahagia ahahah.


Comments

  1. kira-kira dari jalan raya tanjungsari perjalanan berapa menit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira kira kalo dari jl raya tanjungsari sampai ke lokasi kurleb setengah jamman deh kang

      Delete
    2. Harga2 mainannya kumaha kang? Mahal ga? Ada price listnya untuk wahana?

      Delete
  2. Bulan lalu saya juga baru kesana bagus tempatnya dan murah cocok untuk liburan bersama keluarga

    wisnuherlambang.com

    ReplyDelete
  3. Tempatnya sangat bagus, setara dgn the Lodge, tp lebih hemat biaya, ketika kita beli tiket udh termasuk tiket semua wahana.
    yah pokoknya recomended bnget deh buat yg suka traveling dan penjelajah.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Boleh minta nomor wa atau nomor yg bisa dihubungi pengelola tempat wisatanya.

      Delete
  5. Kalau dri haurgeulis ada polisi ngga ya gan?

    ReplyDelete

Post a Comment