Pengalaman Hamil Di Trisemester Pertama


Assalamu'alaikum semuanya,

Alhamdulillahirobbilalamiin,
Setelah penantian panjang selama 70 bulan atau tepatnya 6 tahun kurang 2 bulan akhirnya aku dinyatakan positif hamil. Impianku selama ini untuk bisa mengandung seorang bayi akhirnya menjadi kenyataan. Rasanya antara percaya dan gak percaya, ini mimpi apa kenyataan sih kalau aku akhirnya diberi kesempatan untuk bisa mengandung. Sungguh udah gak bisa berkata apa-apa lagi selain bersyukur sedalam-dalamnya atas anugrah terindah ini. Semua keluarga juga sangat terharu dan bahagia mendengar kabar ini terutama orang tua kami, karena inilah yang mereka nanti dari dulu. Dan gak kerasa usia kehamilanku sudah sampe 12 minggu.

Kali ini aku hanya ingin sekedar share aja tentang pengalamanku hamil di trisemester pertama (1-12 minggu). Semoga ceritaku ini bermanfaat ya untuk teman-teman yang juga sedang hamil di trisemester awal dan mudah-mudahan yang ingin segera hamil, Allah kabulkan do'a-do'anya untuk segera hamil, Aamiin.

Hari pertama haid terakhirku adalah Kamis, 24 Agustus 2017 namun sampai awal Oktober 2017 aku tak kunjung mendapatkan haid juga. Awalnya sih aku fikir biasa aja karena memang aku sudah sering telat kalau haid hahaha. Tapi kali ini berbeda banget yang aku rasakan. Menjelang tanggal 20 an September atau tepat menjelang masa-masa haid aku merasakan badanku lemes banget, lemesnya bukan main dan itu terjadi di malam hari. Alhasil aku selalu tidur tanpa cuci muka dulu, masih pake baju kerja dan gendong-gendong tas kerja hahaha, bukan karena males ya tapi karena saking lemesnya gak ada tenaga sama sekali dan itu terjadi selama 1 minggu. Terus pernah disuatu tengah malam aku merasakan keram dan sakit perut yang luar biasa sakitnya, sampai pas aku ke kamar mandi rasanya mau pingsan aja, Alhamdulillahnya gak sampe pingsan di kamar mandi. Beberapa hari kemudian setelah buka puasa akupun mengalami keram perut yang juga sakit dan rasanya seperti tertarik. Aku sih gak berfikiran yang aneh-aneh, aku fikir ini gejala PMS saja.

Sampai telat haid selama beberapa hari aku masih santai-santai aja gak ada niatan untuk ditespek. Tiba-tiba aku merasakan pusing berkunang-kunang saat kelamaan berdiri, trus kalau pagi hari tiap ada yang masak bawang goreng rasanya perut gak enak tapi gak sampai muntah dan mual-mual sih. Pas jalan sama temen-temenpun rasanya masih ada sedikit pusing dikepala tapi untunglah masih bisa nahan. Yang mengejutkan adalah setelah telat haid 7 hari aku kok keputihan susu ya, ini keputihannya berbeda sama keputihan menjelang haid. Baru dari situ aku googling di internet gejala-gejala yang selama ini aku rasakan. Dan hasilnya mengatakan bahwa itu merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Aku sih gak mau terlalu senang karena toh aku belum ditespek juga dan takut kecewa nantinya. Akhirnya akupun memberanikan tespek setelah telat haid 14 hari dan Alhamdulillah ternyata hasilnya langsung jelas strip 2, artinya aku positif hamil.

Setelah beberapa hari tespek akupun baru memeriksa kandunganku ini ke bidan dan katanya usia kehamilannya sudah hampir 7 minggu, MasyaAllah. Senang, terharu sekaligus kaget, selama ini aku gak pernah menyadari kalau aku sedang hamil, aku sering bawa jalan-jalan, jogging ke tempat tinggi tapi Alhamdulillah janinnya kuat dan sehat.

Dibidan aku hanya diperiksa tekanan darahnya dan Alhamdulillah normal, berat badanku masih belum naik sama seperti sebelum hamil yaitu 49 kg. Bu bidanpun memegang perutku dan memastikan kalau memang kantung janinnya ada. Akupun hanya diberi 3 obat yaitu obat anti mual (yang sampe sekarang belum pernah aku minum), asam folat dan 1 lagi vitamin apa aku lupa lagi karena Alhamdulillah gak terlalu banyak keluhan juga selama ini. Mengenai makan sih gak ada pantrangan, hanya katanya sebaiknya di awal-awal kehamilan jangan dulu makan ati ayam karena bisa menyebabkan kelainan pada bayi. Selebihnya boleh makan apapun asalkan bukan makanan yang berbahaya bagi ibu dan janinnya.


Selama kehamilan 7 minggu - 9 minggu aku lebih banyak tinggal dirumah orang tuaku karena jarak antara kantor dan rumahku jauh banget. Bu bidan menyarankan begitu, karena katanya masih rawan banget, harus bener-bener dijaga walaupun sebenernya janinku kuat katanya dan Alhamdulillah aku gak diberi obat penguat. Ya sudah akhirnya akupun nurut dan suami juga khawatir banget kalau sampai terjadi apa-apa padaku.

Setelah mengetahui kalau aku hamil entahlah aku merasakan kalau moodku happy terus, bawaannya pengennya senyum terus dan Alhamdulillah yang awal-awalnya kadang suka pusing dan eneg kalau nyium aroma bawang goreng jadi mendadak hilang. Aku merasa bener-bener dalam kondisi yang fit saat itu. Aku juga gak pernah merasakan morning sickness, mual, muntah-muntah, pusing di pagi hari sama sekali gak pernah mengalami hal itu sampai kehamilan 9 minggu. Semua makanan masuk, susu hamil masuk, malah pengennya makan terus rasanya gak kenyang-kenyang hahaha. Sehari aku bisa makan 4 kali lho, ya ampun hahaha. 

Muntah-muntah Alhamdulillah gak sama sekali. Mual ? hmm jarang banget bahkan mungkin bisa dibilang gak mual-mual yang parah. Pernah sih kalau mau makan mual dan perut tiba-tiba gak enak, males banget liat makanan apalagi kalau bukan makanan favorit hahaha. Tapi entahlah aku seolah bisa menyiasatinya, caranya aku selalu makan buah-buahan yang asem sebelum makan, lebih seringnya aku selalu makan buah mangga sebelum makan. Alhasil nafsu makan kembali bangkit dan mood lagi liat makanan hahaha.

Ngidam gak ya? hmm jujur bingung sih ini ngidam bawaan baby apa akunya aja yang kepengen yah hahaha. Selama awal-awal kehamilan aku sih kepengennya yang seger-seger dan pedes. Pernah pengen makan nasi padang sampe habis 2 bungkus, pengen juga makan bakso tahu, pengen bakso urat, dan lebih sering pengen makan cuanki hahaha, kayanya tiap minggu selalu beli cuanki deh hahaha.

Oiya di minggu 8-9 minggu ini aku sudah merasakan ada yang gerak-gerak lho diperutku, walaupun gak sering dan masih samar-samar. Mungkin karena kulitku tipis jadi gerakan jantung bayinya sudah dapat dirasa. Perutku memang dasarnya sudah buncit sih jadi pas hamil rasanya ya perut memang sudah besar hahaha. Yang bikin gak nyaman karena belum terbiasa rasanya ada yang ganjel banget ini dibawah perut apalagi pas duduk kerasa banget.

Minggu ke 10 akupun jadi lebih sering pulang ke rumah, jadi nginep dirumah mamahnya paling hanya 1 atau 2 harian gitu. Kalau dirumah mamah bawaannya kalau habis sholat subuh pengennya tidur terus karena ngantuk, maklum aku selalu dilarang untuk bantu-bantu pekerjaan rumah. Tapi dirumahku sendiri bawaannya semangat banget untuk ngerjain pekerjaan rumah. Aku beresin rumah, masak, nyuci baju, nyuci piring, nyetrika dll. Suami selalu cerewet dan marahin kalau aku gak mau diem. Tapi gimana yah emang pengennya kerja hahaha. Yang aku rasakan sih memang jadi lebih cape makanya kerjanya juga gak terlalu diforsir. Kalau udah kerasa lelah ya udah istirahat, gak maksain. Soalnya kadang kalau dipaksain suka sakit kepala juga. Di minggu ke 10 inipun nafsu makanku masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya alyas seneng makan hahaha.



Baru pada usia 10 minggu 4 hari akupun melakukan USG yang pertama di klinik Mutiara Cikutra. Awalnya sih USG nya mau nanti aja menjelang usia 4 bulan. Tapi aku udah gak sabar pengen ketemu calon babyku terus ada kekhawatiran yang besar kalau belum USG, apakah kehamilanku baik-baik saja atau ada masalah. Moment pertama lihat sang buah hati rasanya deg-degan, gugup, seneng, terharu banget, bahagia, ah campur aduk banget. MasyaAllah, Alhamdulillah aku bisa lihat calon bayiku yang ukurannya masih kecil mungil saat itu baru sekitar 3,2 cm. Kagum, terharu, bahagia dan gak bisa ngomong apa-apa saat dokter menunjukkan ini lho kepalanya, ini badannya, ini bokongnya, ini kaki dan tangan mungilnya. Dokter juga bertanya "Lihat ada yang gerak-gerak?" ini lho jantungnya, MasyaAllah rasanya pengen nangis. Bersyukur banget USG pertamanya lancar dan kata dokter rahimnya bagus, perkembangan bayinya bagus, kondisi akupun dinyatakan bagus dan sehat. Berat badanku dalam waktu kurang dari sebulan sudah naik saja 1,8 kg dari 49 kg menjadi 50,8 kg hahaha. Tapi kata dokter itu bagus, harus pertahankan nafsu makannya. Dokter tidak melarang aku untuk bekerja, tidak melarang untuk olahraga juga asalkan akunya memang kuat dan jika lelah ya sudah harus istirahat gak dipaksakan. Saat itu aku hanya dikasih vitamin asam folat aja untuk 1 bulan.

Memasuki minggu ke 11 nafsu makanku gak sedahsyat di minggu-minggu sebelumnya. Jika sebelumnya ada perasaan gak kenyang terus kalau makan. Di minggu ini justru aku merasakan gampang kenyang tapi gampang lapar juga hahaha. Jadi aku membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam perut hanya saja selalu sedia cemilan jaga-jaga kalau lapar lagi hahaha. Kalau terlalu kekenyangan malah perut tuh jadi gak enak, eneg dan mual. Keinginan makan makanan seger dan pedes-pedespun masih aja belum hilang padahal kepengennya berhenti makan yang pedes. Oiya akupun masih kuat untuk olahraga pagi, jogging, jalan-jalan aku rutinin kalau hari libur hehehe.

Memasuki minggu ke 12 Alhamdulillah gak pernah ngalamin muntah-muntah sama sekali, semua makanan masuk semua. Alhamdulillah seneng banget bisa makan enak setiap hari dan di minggu 12 ini aku lagi doyan banget makan sayur-sayuran tiap hari. Bawaannya pengen masak sayur tiap hari hahaha. Akupun masih tetep rajin olahraga, melakukan pekerjaan rumah, bekerja juga Alhamdulillah. Hanya pernah aku mengalami keram perut dan sakit perut saat malam hari sampai aku ketakutan terjadi apa-apa pada bayiku. Tapi Alhamdulillah semuanya baik-baik saja. Di minggu 12 ini juga kondisi badanku kurang fit soalnya tiap hari kehujanan. Jadi aku sering mengalami kedinginan, pusing kepala dan gak enak badan. Tapi sih aku gak pernah minum obat apapun kalau kondisi lagi gak fit gitu, aku hanya banyakin makan, banyak minum air putih, minum susu, banyak makan sayur dan buah juga istirahatnya lebih awal aja. Di minggu 12 ini aku merasa wajahku pucat banget mungkin karena aku terkena anemia karena aku kecapean saat hamil. Padahal semua makanan masuk tapi tetep aja ya pucat hahaha. Akhirnya aku minum Sakatonik Liver sebagai penambah vitamin harianku. Oiya di minggu 12 ini perutku rasanya makin membulat saja, sudah kelihatan lebih besar dari sebelumnya hahaha. 

Perubahan Kulit

Selama kehamilan trisemester pertama ini awal-awalnya aku jerawatan lumayan banyak karena aku juga males pake skincare. Tapi pas aku rajinin pake skincare lagi jerawatnya lumayan berkurang. Wajah juga selama kehamilan ini selalu berubah-ubah auranya, kadang terlihat lebih cantik dan segar tapi kadang juga terlihat lesu dan kusam. 

Susu Kehamilan

Untuk susu selama masa kehamilan sendiri awalnya aku minum susu Prenagen Essensis karena masih ada stock susu sebelum hamil dulu hahaha. Trus aku coba minum susu Prenagen Mommy yang rasa strawberry, susunya enak banget, kentel banget dan manis banget. Karena bosan aku coba minum susu Lactamil rasa coklat, menurutku sih susunya enak tapi aromanya kurang wangi gitu. Lalu akupun coba susu SGM Strawberry dan ternyata aku suka banget, rasanya enak banget, wanginya kaya ice cream strawberry jadi semangat buat minum susu tiap hari. Trus aku juga cobain susu SGM Coklat menurutku sih lumayan enak tapi gak seenak susu Prenagen Mommy dan Lactamil. Alhamdulillah dari beberapa produk susu hamil yang pernah aku coba semuanya aku suka dan masuk keperut hehehe.

Surat Al-Qur'an Yang Sering Dibaca

Membaca Al-Qur'an bisa memberi ketenangan dan kedamaian dalam hati. Apalagi untuk aku yang sedang hamil, mudah sekali mengalami kelelahan, stres, mood selalu berubah-ubah. Jadi membaca al-Qur'an ini merupakan mood boster bagi aku sekaligus aku mengenalkan Al-Qur'an pada anakku selama dia masih ada dalam kandungan semoga menjadi anak yang shaleh shalehah. Sebisa mungkin aku berusaha untuk bisa membaca Al-Qur'an setiap harinya minimal 1 surat setiap hari. Biasanya sehabis sholat shubuh aku membaca QS Al Mulk dan QS Muhammad atau salah satunya. Sehabis sholat Maghrib atau Isya biasanya aku membaca QS Maryam, QS Arrahman, QS Al Waqiah, dan QS Yaasiin atau salah satunya aja gimana keadaan dan sempetnya aja. Dan kalau lagi santai biasanya lihat reciter Qur'an di Youtube.

Aplikasi Kehamilan





Aku download aplikasi Hallo Bumil di ponselku, aplikasi ini persembahan dari Prenagen. Aplikasinya bagus banget, lengkap banget, berisikan artikel-artikel tentang kehamilan, timeline kehamilan, kontrol kehamilan, album foto dan yang paling seneng aplikasi ini interaktif sekali. Tiap beberapa hari sekali selalu saja ada chat dan tips seputar kehamilan, senengnya seolah kita sedang berkomunikasi dengan bayi kita. Dan aplikasi ini juga selalu memberikan informasi perkembangan bayi mulai dari berat, ukuran dan pertumbuhannya setiap minggunya. Wajib banget download aplikasi Hallo Bumil bagi temen-temen yang sedang hamil.

Alhamdulillah gak kerasa banget sudah 12 minggu telah dilewati. Perjuangan masih sangat panjang, kita teruskan perjuangan ya sayang. Semoga ke depannya semakin dilancarkan dan dimudahkan. Sehat terus, kuat terus dan tetep baik kaya gini ya sayang.



Comments