DIY Face Mist & Setting Spray ; Murah & Bahan-Bahannyapun Mudah Didapatkan


Assalamu'alaykum Cantikians,

Dari berbagai macam Skincare aku paling favorit sama yang namanya Face Mist. Kayanya harus selalu sedia deh Face Mist di meja rias dan setiap hari terutama sebelum pakai krim-kriman dan make up rasanya wajib banget semprat semprot Face Mist ke wajah. Face Mist memang banyak banget kegunaannya untuk kulit wajah selain cara pakainya yang begitu mudah dan menyenangkan, Skincare yang berbentuk seperti air ini memiliki manfaat untuk menyegarkan kulit wajah, mencerahkan kulit wajah, melembapkan kulit, melindungi kulit dan menangkal radikal bebas, mencegah pori-pori besar dan jerawat, menyiapkan kulit wajah sebelum menggunakan Skincare lain dan Make up. Juga Face Mist ini dapat berfungsi sebagai Setting Spray supaya Make up-nya tahan lama, lebih flawless dan terlihat natural. Caranya setelah Make up kalian tinggal semprotkan Face Mist ke seluruh wajah kalian dijamin seger dan adem banget.

Ada beberapa Face Mist dari berbagai brand yang udah pernah aku cobain. Hampir rata-rata harga untuk sebotol Face Mist aja bisa mencapai puluhan ribu bahkan ada juga yang ratusan ribu. Tapi aku sendiri sih pernah mencoba Face Mist yang harganya under 100 k aja. Kalau difikir-fikir mahal juga ya harganya dan bagiku Face Mist itu adalah produk Skincare yang paling cepet banget habisnya soalnya paling sering dipakainya. Jadi terkadang kalau lagi low budget buat beli Skincare, alternatifnya aku selalu pakai air Super O2 aja sebagai Daily Face Mist.

Nah tapi kali ini aku coba bereksperimen membuat DIY Face Mist sendiri. Sebenernya idenya gak asli dari buah pemikiranku ya, tapi aku coba googling dan belajar dari Youtube, kemudian aku pilih-pilih deh kira-kira bahan-bahan apa yang bakal cocok untuk aku jadikan DIY Face Mist ini. Nah karna penasaran sama DIY Face Mist ini berhubung bahan-bahannya mudah didapat dan terbilang murah meriah makanya akupun mencobanya sendiri. Kebetulan semua bahan yang aku gunakan tersedia dirumah jadinya gak perlu cari-cari bahan-bahan buat bikin Face Mist ini.

Okey jadi bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah :


Botol Spray Kosong
Aku pakai botol spray kosong yang ukuran 70 ml bekas Face Mist juga. Sebelumnya aku bersihkan dulu isi botolnya dari sisa-sisa produk yang sebelumnya. Kalian juga bisa kok pakai botol spray yang ukuran apa aja, tapi aku lebih menyarankan sebaiknya cari botol spray yang ukurannya kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Soalnya DIY Face Mist ini pasti bakalan sering kalian bawa kemana-mana dan akan selalu dipakai kapanpun kalian butuhkan. Kalau dirumah kalian gak ada botol spray kosong yang bekas, kalian bisa cari ditoko-toko aksesoris seperti Strawberry. Harganya terjangkau banget mulai dari 10 ribuan aja atau mungkin bisa lebih murah.

Wardah Hydrating Aloe Vera Gel
Kebetulan sudah hampir sebulan ini aku pakai Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini sebai pelembap wajah. Makanya akupun memasukan Aloe Vera Gel ini sebagai bahan DIY Face Mist. Aloe Vera atau ekstrak lidah buaya memiliki manfaat menyegarkan, melembapkan dan melembutkan kulit wajah dan sekaligus bersifat soothing dan cooling yaitu efektif menenangkan serta mendinginkan kulit wajah yang kering dan memerah karena sering terkena sinar matahari. Jadi menurutku Aloe Vera merupakan salah satu bahan yang paling cocok untuk dijadikan DIY Face Mist. Apalagi Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini harganya termasuk murah meriah hanya sekitar 35 ribuan aja udah gitu isinya buanyak banget. Kalau kalian punya Aloe Vera Gel dari brand lain boleh juga kok dipakai.

Viva Air Mawar
Rata-rata bahan utama yang ada di dalam Face Mist itu Glycerin dan Rose water hydrosol (air mawar). Nah akupun memakai salah satu bahan yang paling sering digunakan sebagai Face Mist yaitu Rose Water (air mawar). Aku pakai dari brandnya Viva Cosmetics karena selain mudah didapatkan harganyapun murah meriah banget cuma sekitar 5 ribuan aja. Air mawar sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah seperti menyegarkan kulit wajah,mencerahkan wajah, mencegah penuaan dini, mengatasi masalah jerawat, melembutkan dan melembabkan kulit. Jadi karena manfaat yang banyak itulah air mawar banyak digunakan sebagai bahan utama sebuah Face Mist.

Organic Argan Oil
Yang terakhir bahan yang aku gunakan adalah The magic oil Organic Argan Oil. Kalian yang suka baca artikel diblog aku pastinya udah tahu kan kalau aku udah setahunan ini jadi pecinta Argan Oil. Ini minyak ajaib yang menyelamatkan kulit rusakku. Manfaatnya juga banyak banget seperti melembapkan kulit wajah, merawat kulit wajah yang rusak dan bermasalah, merawat kulit berjerawat, anti aging, mencerahkan kulit wajah, minyak ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit dengan berbagai jenis permasalah kulit yang berbeda-beda. Argan Oil juga bisa digunakan baik pagi hari maupun malam hari. Minyak ini juga teksturnya super light dan mudah meresap ke dalam kulit terus gak lengket juga dikulit. Jadinya aku pilih Argan Oil sebagai bahan pembuat DIY Face Mist-ku. Aku pakai dari produknya Kambil Natural karena selain harganya murah kalau gak salah 1 botol 20 ml itu masih dibawah 100 K deh harganya kalau belum ada kenaikan ya. Selain itu Kambil Natural Argan Oil ini diklaim 100% pure tanpa campuran minyak lainnya. Soalnya ada juga sih yang gak murni Argan Oil tapi dicampur dengan Olive Oil. Kalau kalian mau pilih Argan Oil dari brand lain juga bisa kok asalkan cari yang benar-benar pure 100% Argan Oil ya yang tanpa campuran. Atau kalau memang kalian mau mencoba menggunakan Natural Oils lain juga bisa seperti Extra Virgin Olive Oil (ini yang paling mudah dicari) atau mungkin Rosehip Oil (tapi hanya bisa digunakan di malam hari saja dengan kondisi kulit tidak luka). Cari aja Natural Oils yang paling cocok untuk kulit wajah kalian, yang gak menyumbat pori-pori wajah dan hasilnya ringan dikulit kalian. Atau kalian bisa juga tambahkan beberapa tetes Essential Oils  seperti Lavender Essential Oil, Frankincense Essential Oil, Lemon Oil dll sebagai Natural Fragrance pada DIY Face Mist kalian sekaligus kalian juga dapat merasakan manfaat aromaterapinya. Tapi kali ini aku gak pakai Essential Oils ya berhubung satu-satunya Lavender Essential Oil-ku sampai saat ini masih belum ketemu keberadaannya huahaha.


Okay jika sudah menyiapkan semua bahan-bahannya kita mulai step-step cara membuat DIY Face Mist-nya ;


Yang pertama adalah tuangkan Aloe Vera Gel ke dalam botol spray kosong yang sudah dibersihkan. Untuk takarannya sendiri sih bebas, tapi disini aku menggunakan Aloe Vera Gel kurang lebih sekitar 10-15 ml gitu atau hampir seperempat isi botolnya. 


Setelah Aloe Vera Gel dituangkan ke dalam botol spray, kini tuangkan Air mawar sebanyak 50 ml atau setengahnya dari isi Viva Air Mawar ke dalam botol spray. Atau kalian mau menambahkan lebih sedikit juga boleh kok. Kalian juga bisa menambahkan air mineral atau air O2 ke dalam Face Mist ini ya agar lebih ringan dan jernih mungkin dan lebih irit juga bahan yang dipakai hehe.Tapi disini aku sama sekali gak menambahkan air mineral ke dalam Face Mist ini ya jadi airnya hanya pakai air mawar aja.


Setelah itu tinggal tambahkan beberapa tetes Argan Oil ke dalam campuran Aloe Vera Gel dan Air Mawar tadi. Disini aku menambahkan sekitar 5 tetes Argan Oil ke dalam Face Mist-ku.

 Face Mist-nya sudah jadi, tinggal kita kocok-kocok deh dan bisa langsung disemprotkan ke wajah kalian. Biar lebih Fresh dan ada sensasi adem adem dingin pas semprot Face Mist ini biasanya aku selalu simpan di dalam kulkas tapi ingat ya jangan sampai dimasukan ke dalam Freezer nanti malah jadi beku deh hehehe.



Okay jadi simple banget kan membuat DIY Face Mist. Kalau kalkulasi juga harganya murah banget lho yang terpenting kan manfaatnya yang bagus buat kulit.

Yang aku rasakan saat aku menggunakan DIY Face Mist ini adalah kulit wajahku jadi seger banget, tetep lembap seharian, cerah, pori-pori wajah terlihat lebih calm,dan kalau dijadikan Setting Spray Make Up nya jadi terlihat natural dan lebih awet.


Jadi, ayo segera dicoba deh bikin Face Mist sendiri dirumah hehehe.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.


Comments

  1. Mbak, klo air mawarnya doang bs jadi face mist ga sih? Atau ditambah air? Soalnya aku ga punya aloe atau bahan lainnya ^_^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak. Aku juga pakai air mawar nya viva trs aku taruh di botol spray gtu.

      Delete
  2. Kak bisa tanpa argan oil? Cuma dua bahan doang?

    ReplyDelete
  3. Mbk itu argan oil beliny dmn y..
    Aq br tau...?😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, kalo aku beli di purovera botonical. Enak banget, variannya banyak, dari minyak almond, minyak mawar, alpukat, argan, macem2deh pokoknya

      Delete
    2. Purivera maksudku, cari aja di instagram

      Delete
  4. Itu diy face mist ny ada batas lama pemakaian ny gak?

    ReplyDelete

  5. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*deV
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Post a Comment