Oil Cleansing Method Menggunakan Kambil Natural Deep Cleansing Oil & Make Up Remover


Assalamu'alaykum Cantikians,

Kebanyakan orang-orang membersihkan sisa-sisa make up dan kotoran di wajah menggunakan Make Up Remover, Milk Cleanser atau Micellar Water sebagai step First Cleanser serta menggunakan Facial Wash atau Facial Foam sebagai step Second Cleanser. Tapi yakin gak sih setelah melakukan kedua step tersebut kulit kita bener-bener bersih ?. Hmm, aku sendiri pernah membuktikan bahwa setelah melakukan kedua step tersebut terkadang jika tidak benar-benar dibersihkan dengan baik, aku coba lagi bersihkan pakai kapas masih ada sedikit sisa-sisa kotoran yang masih tersisa dikulit. Tapi menurutku melakukan 2 step tersebut sudah lebih baik dibanding hanya melakukan 1 step saja, bayangkan saja kalau kita membersihkan wajah hanya 1 step saja maka kotoran dan sisa-sisa make up akan lebih banyak menempel dikulit dan itu gak bagus untuk proses regenerasi kulit kita.

Satu hal lagi kalian pernah juga mengalami kulit kering setelah menggunakan Facial Wash atau Facial Foam karena kandungan detergen di dalam produk itu sendiri ?. Bukannya kulit semakin lembap dan ternutrisi setelah membersihkan wajah tapi malah jadi kering setelahnya. Sebenarnya ada cara lain untuk membersihkan wajah, cara ini diklaim efektif membersihkan wajah sampai ke lapisan terdalam kulit (deep cleanse) dan hasilnya akan jauh lebih bersih dibanding hanya menggunakan Facial Wash atau Facial Foam. Keunggulan lainnya kulit kita akan lebih sehat dan ternutrisi serta jauh dari bahan-bahan kimia seperti detergen yang membuat kulit kering dan tidak sehat.

Kalian pasti tahu kan cara membersihkan wajah itu yaitu Oil Cleansing Method (OCM). Pengertian OCM sendiri adalah metode membersihkan wajah menggunakan satu atau beberapa jenis minyak alami sebagai pengganti produk cleanser seperti Milk Cleanser atau Facial Wash / Facial Foam yang kaya akan detergen. Jadi cara ini diklaim lebih alami dan aman untuk kulit.

OCM sendiri gak hanya cocok untuk pemilik kulit kering atau kombinasi lho tetapi untuk pemilik kulit wajah berminyak bahkan berjerawat OCM ini juga cocok dilakukan. Apalagi pemilik kulit sensitif yang biasanya harus jauh-jauh dari bahan kimia tentu saja bisa menjadi metode paling cocok yang bisa dilakukan untuk membersihkan kulit wajah. OCM sendiri rumusnya begini Oil dissolves Oil, minyak larut dalam minyak bukan air artinya minyak itu sendiri bisa mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran serta kelebihan minyak dikulit wajah. Semisal gini jika tangan kita terkena minyak atau oli maka membersihkannya ya dengan minyak atau bensin, gakkan mempan kalau dengan air. Apalagi kulit kita sendiri mempunyai lapisan minyak alami atau yang sering disebut sebum, maka cara tepat membersihkannya ya dengan menggunakan pembersih berbahan minyak.

OCM itu sendiri memiliki manfaat seperti yang aku bilang di atas yaitu :

Deep Cleanse ; membersihkan kulit wajah hingga ke lapisan kulit terdalam, artinya jauh lebih bersih dibanding menggunakan Cleanser lain

Menutrisi kulit wajah ; membersihkan kulit wajah menggunakan minyak tidak akan menambah kadar minyak pada wajah tapi justru akan menyeimbangkan kadar minyak pada wajah. Dan kulit akan terasa lebih ternutrisi, lebih kenyal, lebih glowing dan tentunya lebih sehat karena terbebas dari bahan-bahan kimia seperti detergen

Mengurangi jerawat dan komedo ; yup metode OCM bisa mengurangi jerawat dan komedo karena pori-pori akan dibersihkan secara sempurna oleh minyak dan kadar minyak diwajah jadi seimbang,

Tapi dari beberapa artikel yang pernah kubaca ada yang memang dengan melakukan OCM kulitnya jadi lebih bening dan flawless tapi ada juga yang mengalami purging sebelumnya kemudian jadi bersih malah ada juga yang purgingnya gak sembuh-sembuh. Kalau menurutku sih yah kemungkinan karena faktor pemilihan jenis minyak alami yang salah yang bukannya mengangkat kotoran diwajah tapi malah menyumbat pori-pori wajah atau karena terlalu sering terkena air panas sehingga kulit menjadi lebih kering.

Memang sih di dalam OCM sendiri tidak semua jenis minyak alami yang bisa digunakan. Yang biasa digunakan untuk OCM sendiri terutama untuk pemilik kulit acne prone biasanya adalah sejenis Carrier Oils yang tinggi Linoleic Acid (bersifat tidak jenuh) yang sering kita jumpai pada minyak-minyak nabati seperti Sunflower Oil, Safflower Oil, Grapeseed Oil dan biasanya dicampur dengan Castor Oil (minyak jarak). Minyak lain yang bisa digunakan untuk OCM adalah Jojoba Oil, Walnut Oil, Apricot Seed Oil, Hazelnut Oil, Peach Kernel Oil, Sweet Almond Oil. Dan jika kalian memang mau menggunakan minyak zaitun atau Olive Oil untuk OCM sebaiknya pilih yang jenisnya Extra Virgin Olive Oil (EVOO) karena Olive Oil itu biasanya menyumbat pori-pori wajah atau clogged pores. Intinya sih kalian bebas memilih minyak apapun juga asalkan yang organik, cold pressed, dan murni tanpa campuran bahan lain. Ingat juga jangan pernah memakai minyak goreng untuk memasak hehehe.


Kalau aku mencoba metode ini menggunakan Kambil Natural Deep Cleansing Oil & Make Up Remover for oily skin. Jadi produk ini tuh adalah campuran beberapa natural oils yang sifatnya organik, cold pressed dan tentu saja pure natural tanpa bahan-bahan kimia dan sudah diteliti cocok untuk kulit berminyak seperti kulitku. Bagi kalian pemilik kulit kering jangan khawatir ada kok Cleansing Oil for dry skin. Kenapa aku gak coba-coba kombinasi natural oils sendiri ? soalnya aku gak ahli dalam meracik perskincare-an makanya aku pilih produk ini.


Kambil Natural Deep Cleansing Oil & Make Up Remover ini memiliki manfaat untuk membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit tanpa menyebabkan iritasi, bisa sebagai make up remover, membuat wajah terlihat dewy (glowing healty skin), mengandung antioksidan dan anti inflamantory serta vitamin untuk kelambaban kulit, bisa mengatasi jerawat dan komedo serta mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori.



Teksturnya sendiri seperti minyak pada umumnya namun lebih kesat dan tidak mudah meresap ke dalam kulit karena jelas ini kan bukan semacam Face Oil. Warnanya kuning keemasan dan bening. Untuk harganya sendiri sih karena aku beli produk ini sudah lama jadi agak-agak lupa, kalau gak salah sih dulu sekitar 60 ribuan. Produknya awet banget bisa dipakai berbulan-bulan. Wanginya sih kaya murni minyak nabati tanpa tambahan essential oil.

Pemakaian paling tepat sih memang di malam hari setelah seharian wajah kita terkena debu, polusi, kotoran dan make up. Tapi jujur aja sih aku gak tiap hari pake cara OCM ini untuk membersihkan wajah soalnya menurutku agak ribet dan suka males, soalnya kalau kita pakai cara OCM ini jelas setiap malam kita harus nyiapin air panas dan cuci handuk setiap hari. Tapi kembali lagi jika kita ingin kulit wajah kita bersih dan sehat tentunya harus konsisten dengan cara OCM ini.


Kalau aku cara pakainya seperti ini :

Dalam keadaan wajah belum terhapus dari make up (masih ada maskara, sisa-sisa bedak, lipstick, blus on dll) tuangkan beberapa tetes  Kambil Natural Deep Cleansing Oil & Make Up Remover ini keujung jari-jari tangan, kemudian oleskan ke seluruh wajah dan leher termasuk ke area mata dan bibir yang masih ada sisa-sisa make up.

Lalu usapkan ke wajah dan leher sambil dipijat-pijat dengan lembut sekitar 5 menitan

Jika dirasa kotoran dan sisa-sisa make up sudah keangkat kemudian tutup wajah kurang lebih 1 menitan dengan handuk kecil hangat yang sebelumnya sudah kalian rendam di air panas dan diperas airnya. Perhatikan suhu panas pada handuk jangan sampai kulit kalian merasa terlalu panas ya

Setelah itu bersihkan sisa-sisa minyak diwajah kalian dengan handuk hangat tersebut sampai dirasa wajahnya sudah tidak licin

Biar hasilnya lebih maksimal kalian bisa ulangi tahap ini sekali lagi

Setelah selesai, tidak perlu cuci wajah lagi tinggal pakai toner atau bilas dengan air dingin agar pori-pori wajahnya kembali menutup dan langsung pakai skincare

Kecuali jika setelah OCM langsung maskeran, biasanya sih selesai maskeran aku memang cuci wajah lagi untuk mengangkat sisa-sisa maskernya


Nah yang aku rasakan sih setelah beberapa kali menggunakan metode OCM ini untuk membersihkan wajah, setelahnya wajah jadi terlihat lebih cerah, glowing, kenyal, seger, bersih dan kesat. Make up juga terangkat semua lho sekalipun itu make up yang waterproof. Komedo di wajah juga jadi terasa bersih, kulitnya lebih lembut dan halus. Kalau yang gak biasa dengan OCM sih pasti bakalan ngerasa beda banget sensasinya dibanding cuci wajah dengan Facial Wash. Untuk masalah jerawat sendiri dikulitku sepertinya tidak ada efek purging setelah menggunakan metode OCM ini.

Cuma yang jelas seperti yang aku bilang di atas walaupun aku merasakan manfaat yang luar biasa bagi kulitku tetapi aku gak konsisten setiap hari pakai metode OCM ini karena ya itu lumayan ribet gak terlalu praktis. Apalagi kalau malam harinya udah ngantuk dan lelah banget pasti deh diskip OCM ini.



















Comments


  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*deV
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Post a Comment